Cara Menggunakan Google Form, Fitur Keren Buatan Google

Arif Wibowo

Cara Menggunakan Google Form, Fitur Keren Buatan Google
Cara Menggunakan Google Form

Google forms adalah salah satu fitur yang ada pada layanan google. Fitur ini membantu anda untuk melakukan survey secara online. Dengan tampilan formulir online yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan.

Google form merupakan perangkat yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan data dan informasi. Selain melalui survey, pengumpulan info juga bisa dilakukan melalui kuis.  Penyebaran Google Form ini biasa dilakukan melalui link website.

cara menggunakan google form sangat mudah, untuk mengetahuinya kamu bisa membaca artikel berikut dibawah ini.

Apa Itu Google Form?

Data dari hasil Google Form selanjutnya akan otomatis terkumpul dalam bentuk spreadsheet. Sehingga Anda tidak perlu menyusun satu-persatu data hasil survey secara manual. Jawaban narasumber bisa langsung Anda dapatkan dengan praktis.

Google Form sebagai turunan dari platform google, yaitu google doc. Selain menghadirkan fitur Google formulir, Google docs juga menghadirkan inovasi Google spreadsheet dan slide. Dalam memberikan pelayanan, ketiganya saling bekerja sama.  

Google form yaitu salah satu fitur yang memungkinkan Anda untuk memperoleh data melalui program survey online. Anda bisa membuat formulir online secara free melalui website. Tanpa perlu mengunduh aplikasi, Anda sudah bisa membuat formulir online.

Setiap tahunnya, layanan Google form terus melakukan pembaharuan pada fitur-fiturnya. Mulai dari perbaikan hingga memunculkan peraturan penggunaan baru. Perkembangan ini semakin kedepan akan semakin memudahkan penggunaan Google form itu sendiri.

  • Sistem acak pertanyaan yang dapat disetting sesuai kebutuhan
  • Pembatasan tanggapan untuk satu kali pengisian per orang (setiap orang hanya bisa mengisi Google form 1 kali).
  • Alamat link yang lebih ringkas.
  • Tema yang dapat diatur sendiri sesuai keinginan.
  • Saat membuat formulir akan secara otomatis menghasilkan saran jawaban.
  • Terdapat menu “unggah file” Sebagai tempat untuk mengupload file atau foto maupun video dari perangkat pengguna, apabila diperlukan dalam pengisian survey atau kuesioner.
  • Fitur validasi respon cerdas sebagai pendeteksi pesan yang masuk yang kemudian diidentifikasi. Fitur ini akan secara otomatis mengirim permintaan koreksi kepada pengguna apabila terjadi kesalahan.
  • Tersambung secara langsung dengan pengaturan berbagi file yang terdapat pada akun Google Drive pada perangkat.
  • Batas maksimal besarnya unggahan file ditetapkan hingga 1 Tb.
  • Fitur multi opsi (pengguna bisa memilih lebih dari 1 opsi yang disediakan pada formulir).

Apa Saja Kegunaan Google Form?

google form
Google Form

Form adalah daftar isian/blangko isian berupa pertanyaan. Formulir diisi untuk memberikan informasi yang digunakan sebagai rujukan dalam rangka tertentu bagi pihak yang membutuhkan. Bisa berupa pertanyaan, maupun permintaan kritik dan saran.

Google formulir memiliki banyak kegunaan, bisa sebagai quick count pendapat dan formulir pendaftaran online. Bisa juga sebagai media pengumpulan data, quis, soal ujian online, maupun kuesioner. Selain itu,  masih banyak lagi kegunaan dari Google form ini.

Dengan Google formulir, Anda akan dibantu membuat sekaligus mengumpulkan data. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Karena pengumpulan data melalui Google form akan lebih efektif dalam hal waktu (real time).

Melalui Google formulir, Anda tidak perlu mencetak berlembar-lembar kertas pertanyaan. Anda juga tidak perlu mengunjungi satu per satu narasumber untuk mengumpulkan data.

Anda hanya perlu menyebarkan link Google form yang sudah dibuat kepada audiens. Setelah mereka mengisi formulir tersebut, data hasil survey akan secara otomatis tersimpan dalam  akun Google Drive Anda. Sehingga keamanan dari data akan terjamin.

cara membuat google form  bisa dilakukan hanya dengan mengikuti instruksi yang disediakan dan ikuti karena, Google formulir adalah fitur formulir online yang dikeluarkan oleh google sehingga tidak akan sulit mengerti alur kerja aplikasi tersebut. Fitur ini memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Banyak manfaat bisa diperoleh dari fitur yang satu ini, mulai dari formulir pendaftaran online sampai dengan survey.

1. Membuat Kuesioner.

Kuesioner sebagai salah satu bahan penelitian yang terdiri atas rangkaian pertanyaan. Dimana pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dari responden. Kuesioner bisa juga disebut wawancara tertulis.

2. Membuat Formulir Pendaftaran.

Seiring berkembangnya teknologi, pembuatan formulir secara online banyak digunakan oleh masyarakat. Baik di bidang perkantoran maupun pendidikan. Pengisian formulir secara online dinilai lebih efektif dan mudah.

3. Membuat Lembar kerja (soal ujian online).

Didorong oleh pandemi, saat ini banyak sekolah yang menggunakan google form untuk ujian sebagai media belajar. Soal ujian bisa dibuat dengan mudah menggunakan Google Form, sehingga siswa bisa mengerjakan soal secara online dari rumah.

4. Membuat Survey.

Sebagai media yang membantu proses penelitian, survey sangat diperlukan. Namun, melihat kondisi dan situasi yang belum mendukung untuk terjun langsung di lapangan, penggunaan Google Form akan sangat membantu.

5. Pengumpulan kritik dan saran

Google Formulir juga bisa digunakan untuk mengumpulkan kritik dan saran, responden bisa menyampaikan kritik dan sarannya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

6. Pembelian produk.

Perkembangan tren pembelian barang melalui formulir pemesanan online. Pembelian ini biasa diterapkan pada sistem jual beli blog atau website. Pertanyaan di dalam formulir ini biasanya berupa alamat, nomor HP, kode barang.

Nah, bagaimana sekarang, sudah lebih paham mengenai Google form. Setelah mengetahui berbagai informasi seputar Google form, Anda pasti sudah lebih mengerti. Semoga informasi ini bisa membantu,  dan selamat mencoba.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar