7 Cara Menggunakan Gambar Di Website Anda

Arif Wibowo

7 Cara Menggunakan Gambar Di Website Anda
Source Gambar: Pixabay.com

Citra adalah aspek paling penting dari desain situs web karena dapat memengaruhi pengalaman dan persepsi pengguna terhadap situs secara signifikan. Mereka memecah teks, menciptakan minat visual, dan menyampaikan informasi dengan lebih efektif. Dengan demikian, ini membantu menciptakan identitas merek yang kuat dan memperkuat pesan yang coba diberikan situs.

Oleh karena itu, Anda harus menggunakan gambar dengan tepat, karena foto yang tidak relevan dapat mengurangi keseluruhan pengalaman pengguna dan kredibilitas situs Anda.

Kami akan mencerahkan Anda tentang cara menggunakan gambar secara efektif di situs Anda.

Metode Teratas untuk Menggunakan Gambar di Situs Web Anda

Mengikuti teknik yang disebutkan di bawah ini, Anda dapat mencapai hasil yang bagus dengan gambar Anda.

1. Unggah Gambar Anda dalam Ukuran yang Benar

Ukuran gambar memengaruhi kinerja situs web lebih dari faktor lainnya. Hal ini karena berhubungan langsung dengan kecepatan sebuah situs. Jika ukuran gambar Anda lebih besar dari yang disarankan, situs Anda akan berjalan lambat karena file besar membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

Sebaliknya, jika Anda mengunggah gambar dalam ukuran optimal, situs Anda berjalan cepat saat gambar dimuat tepat waktu. Itu sebabnya Anda harus memposting gambar Anda dalam ukuran yang benar untuk menjaga kecepatan situs.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan file gambar Anda dalam ukuran yang tepat. Namun, solusi terbaik adalah menggunakan kompresi gambar online. Itu karena Anda tidak perlu menginstal program atau perangkat lunak apa pun untuk memanfaatkan kompresor gambar.

Selain itu, Anda juga dapat mengompres foto Anda ke ukuran tertentu sesuai kebutuhan penggunaan Anda. Misalnya, Anda bahkan dapat kompres foto 100KB dengan kompresor gambar yang sempurna.

Anda dapat mengandalkan alat online untuk kompres JPG 100kb untuk menyesuaikan ukuran banyak file dalam satu pengambilan, yang meningkatkan efisiensi Anda.

2. Gunakan Format yang Tepat

Menggunakan format file yang tepat untuk gambar di situs web Anda sangatlah penting; ini membantu memastikan bahwa gambar ditampilkan dengan benar, dengan warna, kejernihan, dan detail yang tepat.

Ada beberapa format file gambar, antara lain JPEG, PNG, GIF, dan BMP, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun format JPEG dan PNG biasanya digunakan untuk website.

JPEG adalah format file yang sempurna untuk gambar dengan banyak detail dan warna, seperti foto. Itu karena JPEG menggunakan kompresi lossy, artinya beberapa data gambar hilang selama kompresi, tetapi ukuran file yang dihasilkan jauh lebih kecil, sehingga ideal untuk penggunaan web.

Demikian pula, PNG adalah format file populer lainnya untuk gambar web yang paling sesuai dengan gambar dengan latar belakang transparan, teks atau grafik dengan garis bersih, dan logo. Ini menggunakan kompresi lossless, artinya data gambar tidak hilang selama kompresi; dengan demikian, kualitas gambar tidak terganggu.

3. Jaga Foto Anda Asli

Mengenai citra situs web, “menjaga keaslian foto Anda” berarti menggunakan foto asli dan unik yang belum pernah digunakan di tempat lain dan belum dimodifikasi atau dimanipulasi sedemikian rupa sehingga menghilangkan keasliannya. Ini bisa termasuk membawa foto Anda, menugaskan seorang fotografer profesional, atau menggunakan stok foto secara kreatif dan asli.

Singkatnya, ini adalah cara untuk membuat gambar profesional dan tepercaya untuk situs web Anda dan menghindari penggunaan foto berkualitas rendah, umum, atau mudah dikenali yang dapat mengurangi keseluruhan tampilan dan nuansa situs web Anda.

4. Jadikan Gambar Anda Menarik Secara Visual

Membuat foto Anda menarik berarti berupaya meningkatkan aspek visual foto Anda agar lebih menarik dan menarik bagi pengunjung situs web Anda. Ini dapat dicapai melalui berbagai metode, seperti mengedit pencahayaan, warna, kontras, dan komposisi foto, menggunakan filter dan efek, serta memilih gambar berkualitas tinggi yang relevan dengan konten situs web Anda.

Tujuannya adalah untuk membuat gambar yang menginformasikan, melibatkan, dan menginspirasi pengunjung situs web Anda, membuat mereka cenderung bertahan di situs Anda dan terlibat dengan konten Anda.

5. Rancang Berbagai Jenis Gambar

Merancang berbagai jenis gambar untuk situs web berarti membuat berbagai elemen visual, termasuk foto, ilustrasi, grafik, ikon, dan gambar digital lainnya. Itu dapat mencakup gambar yang digunakan untuk navigasi, seperti tombol dan ikon, dan gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan atau menyampaikan informasi, seperti ilustrasi, bagan, dan grafik.

Dengan menggunakan berbagai jenis gambar, Anda dapat membuat situs web yang beragam secara visual dan menarik, yang dapat membantu menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka tetap terlibat.

6. Jadikan Ajakan Bertindak Anda Sempurna

Membuat CTA Anda tanpa cela berarti memastikannya jelas, menarik secara visual, dan efektif dalam mendorong pengunjung situs web untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian atau mendaftar ke nawala.

Selain itu, CTA Anda harus relevan dan diposisikan agar mudah dilihat dan dipahami.

Oleh karena itu, Anda harus menggunakan warna, font, dan elemen desain lain yang tepat untuk menciptakan tampilan dan nuansa kohesif yang mendukung pesan CTA.

7. Tambahkan Tag Alt dan Teks

tag alt dan keterangan adalah elemen deskriptif yang membantu memberikan informasi tentang gambar di situs web. Alt tag digunakan untuk menjelaskan isi dari suatu gambar. Mereka ditambahkan ke kode HTML halaman web dan dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pengguna tunanetra atau tidak dapat melihat foto di halaman.

Keterangan adalah teks tertulis yang memberikan konteks pada gambar. Mereka berguna untuk pengguna yang tidak terbiasa dengan gambar dan konteksnya dan untuk mesin telusur untuk memahami konten situs web dengan lebih baik.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar