Bagaimana Cara Mempromosikan Merek dengan Memanfaatkan Program Loyalitas?

Arif Wibowo

Bagaimana Cara Mempromosikan Merek dengan Memanfaatkan Program Loyalitas?
Cara Mempromosikan Merek

Dengan adanya pertumbuhan “konsumen unik”, perusahaan harus memodifikasi strategi retensi pelanggan agar lebih sesuai dengan kebutuhan individu. Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan membuat program loyalitas merek yang mencerminkan nilai-nilai perusahaan Anda. Program Loyalitas memainkan peran utama dalam meningkatkan ROI dari segala jenis merek. Loyalitas merek didefinisikan sebagai kesediaan pelanggan untuk kembali dan membeli barang atau jasa untuk merek tertentu, meskipun ada pesaing dengan harga yang lebih rendah dan layanan yang lebih baik.

SocialWick adalah solusi terbaik untuk pertumbuhan media sosial Anda. Ini membantu dalam mempercepat pertumbuhan media sosial Anda dengan memberikan suka dan pengikut manusia yang nyata di berbagai platform media sosial. Beli suka, komentar, dan pengikut organik melalui SocialWick. Dengan program loyalitas, perusahaan dapat dengan mudah melibatkan pelanggannya dan juga menarik pelanggan baru karena bagaimanapun juga, pelanggan baru itu mahal untuk ditemukan. Berikut ini adalah bagaimana Anda bisa sukses dalam mempromosikan merek Anda melalui program loyalitas ini.

Loyalitas Merek: Apakah itu?

Basis pelanggan setia lebih dari sekadar pelanggan yang membeli dari Anda. Ini adalah tentang orang-orang yang mempercayai merek Anda dan memilihnya daripada yang lain, bahkan dengan harga yang lebih tinggi. Loyalitas merek sangat penting karena pelanggan yang sudah loyal terhadap merek melakukan pembelian lebih sering daripada pelanggan baru.

Menurut laporan terbaru dari The Point of Loyalty, memberikan nilai yang sepadan kepada pelanggan adalah faktor terpenting dalam membangun loyalitas merek. Namun, nilai dari pengalaman yang konsisten dan komunikasi yang relevan dengan pelanggan telah meningkat bagi merek sebagai sarana untuk menciptakan loyalitas.

Bagaimana Cara Mempromosikan Merek dengan Memanfaatkan Program Loyalitas?

Di era digital, merek dapat menggunakan program loyalitas untuk menjangkau konsumen dengan mudah. Namun, ada berbagai cara yang dapat digunakan:

1. Interaksi Pelanggan dengan Saluran Ritel

While it may seem impossible to interact with customers and register them in a loyalty program when using third-party sales, you can use any of the strategies listed below to close this gap:

Pemindaian kode QR produk: Setiap produk dilengkapi dengan tag khusus, yang dapat dipindai untuk mengakses halaman arahan untuk program loyalitas atau mengungkapkan semacam hadiah.
Pengunggahan struk: Minta pelanggan untuk memotret dan mengunggah struk pembelian mereka sebagai bukti bahwa mereka membeli sesuatu dari bisnis Anda.


Metrik produk: Sertakan kode khusus pada paket Anda yang dapat digunakan pelanggan untuk mendapatkan akses ke keuntungan, seperti diskon untuk produk di masa mendatang.
Kontes gambar: Peserta dapat mengikuti kontes untuk mendapatkan hadiah utama dengan mengunggah foto selfie dengan pembelian mereka dan memindai kode QR.

2. Mendefinisikan Ulang Personalisasi

Menurut Global Customer Loyalty Report 2022, 29,3% pakar loyalitas menyebutkan bahwa personalisasi merupakan investasi paling signifikan untuk pertumbuhan di masa depan. Dengan menciptakan peluang bagi pelanggan untuk berbagi konten satu sama lain, program loyalitas yang dipersonalisasi membantu merek tetap menjadi yang teratas dalam pikiran dan mengatasi hambatan personalisasi. Misalnya, pertukaran email dapat menjadi lebih personal ketika berisi detail tentang program loyalitas.

Selain itu, hal ini menginspirasi pembaca untuk memanfaatkan manfaat yang selama ini kurang dimanfaatkan. Cara lain untuk meningkatkan personalisasi adalah dengan menggunakan teknik pembuatan profil yang digabungkan dengan gamifikasi seperti mempelajari preferensi dan kebiasaan belanja orang berdasarkan cara mereka berpakaian. Kampanye kemudian dapat menggunakan data ini untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih relevan.

3. Libatkan Klien Dengan Gamifikasi

Gamifikasi program loyalitas dapat menghidupkan kembali antusiasme anggota yang sudah tidak aktif, dan dapat menarik anggota baru. Berikut adalah beberapa cara untuk melibatkan peserta:

Tambahkan survei dan kuis yang di-gamifikasi: Tunjukkan kepada pelanggan koleksi gambar baru dan minta mereka untuk memilih gambar favorit mereka. Anda juga dapat membiarkan mereka memilih apakah mereka menyukai atau tidak menyukai setiap gambar.

Buat papan peringkat: Papan peringkat adalah cara yang bagus untuk mendorong pengguna agar lebih sering terhubung dengan program Anda dan menghabiskan waktu untuk bersaing memperebutkan hadiah.

Tambahkan tantangan dan lencana: Untuk membangun loyalitas dan keterlibatan di antara pelanggan Anda, tawarkan hadiah yang akan mendorong bisnis yang berulang. Tantangan adalah cara untuk menunjukkan kompetensi dan membuat orang lain terkesan.

Promosikan interaksi sosial: Iklan dari mulut ke mulut dapat dimanfaatkan dengan membayar pelanggan yang merekomendasikan barang atau jasa Anda kepada orang lain. Anda juga dapat meluncurkan kontes tagar Instagram untuk mendapatkan konten buatan pengguna.

Gunakan Roda Hadiah: Roda hadiah sangat menarik dan dapat menarik perhatian klien Anda dengan segera, membuatnya sempurna untuk situs web, aplikasi, dan perangkat yang digunakan di toko.

4. Meningkatkan Partisipasi Media Sosial

Anda harus memberikan insentif untuk partisipasi klien di Facebook, Instagram, dan Twitter serta meningkatkan keefektifan rekomendasi karena media sosial sangat penting untuk komunikasi pemasaran modern.


Mulailah dengan mendorong orang untuk membagikan produk atau halaman arahan musiman Anda secara online dengan memberikan poin bonus. Dorong orang lain untuk mengikuti profil sosial Anda untuk membangun otoritas, reputasi, dan kepercayaan lebih lanjut. Dengan melakukan hal ini,Anda membuka kemungkinan untuk menggunakan saluran selain email untuk berinteraksi dengan anggota.


Referensi adalah cara yang bagus untuk membangun basis pelanggan Anda. Media sosial penuh dengan orang-orang yang bersedia merekomendasikan hal-hal yang mereka sukai; yang harus Anda lakukan adalah bertanya.

5. Jelaskan dan iklankan program loyalitas Anda di situs web Anda

Jadikan program loyalitas Anda sebagai elemen yang paling terlihat di situs web Anda, sehingga orang dapat dengan mudah menemukannya. Anda harus membuat informasi program hadiah Anda terlihat di sebanyak mungkin halaman internal Anda, seperti halaman produk dan penjualan.


Untuk menarik anggota baru ke program loyalitas Anda, tampilkan potongan harga produk yang hanya tersedia untuk anggota program. Buat halaman “cara kerja” di situs web Anda yang menjelaskan program secara langsung.

6. Menawarkan hadiah untuk mendaftar

Bisnis harus menawarkan diskon dan insentif lain untuk mendorong pelanggan mendaftar, seperti halnya dengan program loyalitas yang memberikan penghargaan atas pembelian berulang. Pendaftaran dalam program dapat didorong oleh insentif ekonomi yang sama yang mendorong pembelian reguler.

Program loyalitas juga memberikan perusahaan akses ke data konsumen, termasuk informasi tentang demografi pembeli dan kebiasaan pembelian.

Kata Penutup

Jelas bahwa konsumen mencari penawaran yang dipersonalisasi, berbasis layanan pelanggan, dan ditargetkan. Membuat program loyalitas adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini. Kami sarankan Anda mengambil tindakan dan mulai melacak data tentang perilaku pelanggan dari platform media sosial dengan memanfaatkan berbagai layanan pihak ketiga yang sudah tersedia.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar