Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word 2013

Arif Wibowo

Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word 2013
Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word 2013

Mahu buat diagram kartesius di word tapi tidak tahu caranya? Yuk baca artikel kompinesia yang berjudul cara membuat diagram kartesius di word ini. Jika kamu seorang guru matematika, atau pelajar pasti kita akan disuruh mengenal diagram kartesius.

Diagram kartesius sering sekali ditemukan pada soal mm, dan selalu ada di setiap pelajaran sekolah, adakalnya seorang guru akan meminta muridnya untuk membuat sebuah diagram kartesius di microsoft word.

Jika kamu belum mahir menggunakan microsoft word, buat diagram kartesius akan terasa sulit dan susah, namun kamu tidak perlu merasa malu karena tidak pandai buat diagram kartesius di artikel ini kami akan mengajarkan kamu.

Namun sebelum kalian mengikuti tutorial yang akan saya tulis ini, sebaiknya baca dulu apa itu diagram kartesius dan contoh diagram kartesius agar kamu semakin mengenalnya lebih dekat.

Apa Itu Diagram Kartesius?

Diagram Kartesius adalah sebuah grafik dua dimensi yang digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara dua variabel. Diagram Kartesius terdiri dari dua sumbu yang saling tegak lurus, yaitu sumbu X dan sumbu Y. Setiap sumbu memiliki skala numerik yang digunakan untuk mengukur nilai dari masing-masing variabel.

Diagram Kartesius sering digunakan dalam matematika, statistik, dan ilmu sosial untuk memvisualisasikan data dan pola hubungan antara dua variabel. Misalnya, dalam statistik, diagram Kartesius dapat digunakan untuk memvisualisasikan korelasi antara dua set data numerik. Dalam ilmu sosial, diagram Kartesius dapat digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara variabel seperti pendidikan dan penghasilan, atau tingkat kebahagiaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Contoh Diagram Kartesius

contoh diagram Kartesius
Beberapa contoh gambar diagram Kartesius

Diagram Kartesius yang saya upload di atas memiliki sumbu X dan sumbu Y yang saling tegak lurus, dengan skala numerik pada setiap sumbu. Titik (2, 3) di dalam diagram tersebut menunjukkan bahwa nilai variabel X adalah 2 dan nilai variabel Y adalah 3.

Diagram Kartesius ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara dua variabel, seperti korelasi antara suhu dan kelembaban udara, atau hubungan antara usia dan tinggi badan.

Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word

Langkah-langkah cara buat diagram kartesius di ms word 2013, panduan lengkap untuk pemula.

1. Buka program microsoft word lalu klik insert.

table ms word

2. Jika kamu sudah berada pada menu insert klik table

buat tabel 8x8 1

3. Selanjutnya di menu table kamu buat ukuran table pada ms word menjadi 8×8.

block tabel

4. Jika tabel sudah kita masukan ke dalam dokumen ms word kamu lakukan block tabel dengan mengarahkan kursor mouse mu, kamu block semua tabel 8×8 yang sudah kita buat tadi.

buat ukuran tabel

5. Kemudian kita atur ukuran tabel menjadi 1 cm x 1 cm atau 2 cm x 2 cm, untuk mengubah ukuran pada tabel klik menu table tools lalu klik layout dan atur height dan width menjadi 1 cm x 1 cm. Kalau sudah kamu atur sekarang kita buat sumbu x dan y pada tabel yang sudah kita buat tadi.

shapes

6. Untuk membuat sumbu x dan y kita gunakan lines double arrow berikut caranya klik menu insert pada ms word lalu di menu insert pilih shapes dan pilih lines double arow.

arahkan arrow

7. Jika sudah selanjutnya kita arahkan arrow atau tanda panah ke garis tabel. kamu bisa buat sesuai gambar ilustrasi diagram kartesius.

buat lagi tanda panah

8. Masih sama seperti tadi kita buat lagi shape arrow lines tepat dibagian bawah agar sesuai bentuk diagram kartesius yang ingin kita buat, bang kok tanda panahnya gk terang ya kalau kita ingin mengatur ketebalan arrow lines nya bagaimana?

ketebalan tanda panah

9. Untuk mengatur ketebalan tanda panah atau arrow line klik drawing tools format lalu klik shape outline dan pilih weight dan buat ketebalan garis panahnya menjadi 1 pt, 3 pt atau bisa kamu sesuaikan sesuai selera.

Setelah sudah jadi, kita buat penanda sumbu x dan y pada ujung kanan panah dan atas panah, disini kita manfaatkan textbox untuk buat sumbu x dan y.

text

10. Untuk memasukan texbot kamu klik insert lalu pilih style text box yang ingin digunakan misalnya simple text box.

buat dan isi angka

11. Dibagian text box kamu buat 2 text box buat tulisan text box pertama sumbu Y dan yang kedua sumbu X kamu bisa menempatkan sumbu x dan y di ujung panah seperti gambar diatas, jika sudah kamu isi saja nilai angka dari 0-10 atau bisa mengisi angka sesuai yang disuruh oleh guru kamu.

Bagaimana sangat mudah kan cara buat diagram kartesius di ms word, sekian dan terimakasih semoga artikel kami dapat membantu kamu.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar