Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10

Arif Wibowo

Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10
Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10

Bagaimana cara membagi partisi hardisk di windows 10? Membagi partisi hardisk pada sistem operasi windows 7, windows 8, windows 10, dan windows 11 pada umumnya hal yang paling penting dilakukan, terutama sewaktu kita melakukan install ulang di sistem operasi windows.

Biasanya kebanyakan orang sewaktu melakukan install ulang windows, sering mengalami lupa membagi partisi pada hardisk internal atau eksternal. Kalau kita lupa melakukan bagi partisi pada hardisk apakah kita masih bisa melakukan pembagian partisi pada sistem operasi windows 10 kita?

Jawabannya jelas kita bisa membagi partisi hardisk di windows 10, mau itu kamu menggunakan laptop dan pc, membagi partisi hardisk tidak hanya dilakukan sewaktu install ulang saja, tetapi kita juga dapat membagi partisi hardisk dari fitur yang ada di windows 10. Mau tahu caranya? yuk ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10

Langkah-langkah membagi partisi hardisk di sistem operasi windows 10

create and format hard disk partition
Create And Format Hard Disk Partitions

1. Langkah pertama kamu ketikan kata kunci Create And Format Hard Disk Partitions di bagian menu type here to search di windows 10 kamu.

Nantinya kamu akan menemukan fitur create and format hard disk. Kamu bisa buka fitur tersebut.

disk management
Disk Management

2. Kemudian nantinya kamu akan diarahkan ke menu disk management di bagian ini kamu akan melihat beberapa partisi hardisk kamu, nah disini saya ingin membagi partisi disk 1 berikut caranya.

shrink volume
Shrink Volume

3. Langkah ketiga kamu kelik kanan moue pada partisi hardisk yang ingin kamu bagi, nantinya akan muncul tampilan window. Di bagian tampilan window kamu kelik shrink volume.

jumlah size partisi
Jumlah Size Partisi

4. Di menu shrink kamu tentukan nilai penyimpanan pada partisi, contoh disini partisi G saya 465GB nah saya akan membagi setengahnya untuk partisi baru, jadi saya tinggal bagi dua saja nilai pada shrink spacenya, kalau sudah kelik shrink.

unallocated
Unallocated

5. Setelah itu kita sudah berhasil membuat partisi hardisk pada windows 10, disini kita belum selesai. Karena status partisi hardisk masih unallocated artinya partisi hardisk baru kita belum terbaca pada sistem windows 10, kita kelik kanan pada partisi yang unallocated.

new simple volume
New SImple Volume

6. Setelah kita sudah mengklik kanan mouse pada partisi unallocated kamu pilih opsi new simple volume.

volume wizard
Welcome To The New Simple Volume Wizard

7. Di bagian tampilan welcome to the new simple volume wizard kamu kelik next saja.

specify volume size
Specify Volume Size

8. Untuk tampilan specify volume size kelik saja next.

tentukan nama partisi
Assign Drive Letter or Path

9. Untuk bagian assign drive letter or path kamu tentukan assign partisi, misalnya partisi A, B, D ,E Atau nama huruf lainnya kalau sudah kelik next.

volume label
Volume Label

10. Selanjutnya dibagian Format partition kamu buat nama volume label, contoh saya buat nama volume labelnya Pribadi selanjutnya kelik saja next.

finish
Completing the new simple volume wizard

11. Terakhir kamu kelik saja finish.

partisi hardisk
Partisi Hardisk Baru Windows 10

12. Dan sekarang kita sudah berhasil membuat partisi hardisk baru di windows 10, kamu sudah bisa menyimpan data kamu di partisi baru yang sudah kamu buat tadi.

Akhir Kata

Bagaimana sangat mudah kan cara membuat partisi hardisk di sistem operasi windows 10? semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu kamu ya sobat kompinesia.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar