Cara Install Virtualbox Di Windows 10

Arif Wibowo

Cara Install Virtualbox Di Windows 10
Cara Install Virtualbox

Apakah kamu pernah berpikir kalau kita dapat menggunakan dua sistem operasi secara bersamaan di laptop dan pc? Seperti sistem operasi windows dan linux? Kalau kamu berniat ingin menggunakan dua sistem operasi atau dual boot kamu bisa menggunakan virtualbox.

Dengan menggunakan virtualbox kita dapat membuat dual boot sistem operasi tanpa menginstallnya langsung di penyimpanan hardisk, sehingga pengguna dapat menggunakan dua sistem operasi secara bersamaan tanpa repot-repot menghapus sistem operasi utama yang saat ini kita jalankan di sistem komputer.

Berbicara soal virtualbox sebenanrya virtualbox ini tergolong software apasih? nah sebelum kamu membaca artikel yang kami tulis ini lebih dalam sebaiknya kamu harus mengetahui dulu tentang software virtualbox.

Apa Itu Virtualbox?

Virtualbox atau oracle VM virtualbox adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dapat kita gunakan untuk mengeksekusi sistem operasi atau OS tambahan yang berada di dalam sistem operasi utama. contohnya kamu saat ini memakai sistem operasi windows 10 maka kamu dapat menjalankan sistem operasi lainya seperti ubuntu, linux atau jenis sistem operasi yang ingin kamu gunakan lewat bantuan software virtualbox.

Cara Download Virtualbox

Sebelum kita melakukan instalasi virtualbox, untuk dapat menggunakan virtualbox di windows 10 sebaiknya kita download virtualbox terlebih dahulu berikut caranya.

1. Buka Form Download virtualbox

windows hosts
Windows Hosts

2. Langkah kedua kalau sudah berada di tampilan download virtualbox di bagian Platform Packages Pilih windows host kamu juga bisa menyesuaikan sistem operasi yang saat ini kamu gunakan dan tunggu sampai proses download file virtualbox selesai.

Cara Install VirtualBox Di Windows 10

Setelah proses download virtualbox selesai selanjutnya kita masuk ke proses cara instalasi virtual box, untuk cara install virtualbox di windows 10 kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

klik open file
Open File Virtualbox

1. Masuk ke folder penyimpanan file virtualbox lalu arahkan kursor mouse kamu ke file virtualbox.exe kelik kanan mouse lalu jalankan dengan perintah run as administrator.

setup
Proses Setup Virtualbox

2. Sewaktu di tampilan “Welcome to the oracle VM virtualbox Setup Wizard Kamu kelik next.

custom setup
Custom Setup Virtualbox

3. Di menu tampilan Custom Setup kamu bisa merubah lokasi penginstalan virtualbox kalau kamu ingin merubah folder penginstallan virtualbox kamu bisa mengklik browse lalu pilih partisi penyimpanan dan tentukan letak folder penyimpanan disini saya biarkan saja default lalu kelik saja next.

Kelik Next Untuk Melanjutkan Ke Setup Selanjutnya.

4. Nah masih dibagian custom setup disini kamu biarkan saja default selanjutnya kelik next.

yes untuk installasi
Menu Tampilan Warning: Network Interfaces Virtualbox

5. Kemudian di menu tampilan warning: network interfaces, proceed with installation now? kelik saja yes.

ready to install
Ready To Install

6. Selanjutnya di menu tampilan Ready To Install Kelik Install untuk memulai proses installasi software virtualbox di windows 10.

tunggu proses extrack file selesai
Proses Install Oracle VM Virtualbox

7. Nah sekarang kamu tinggal tunggu sampai proses installasi vm virtualbox selesai.

finish
Proses Installasi Virtual Box Selesai

8. Setelah proses intalasi selesai, installation is complete kamu kelik saja finish dan nantinya program virtualbox akan terbuka secara otomatis.

Cara Menggunakan Virtual Box Di Windows 10

Sedangkan untuk cara menggunakan virtualbox, disini saya juga akan mengajarkannya, setelah proses download, dan instalasi virtualbox selesai. Sekarang kita akan belajar menggunakan virtualbox di windows 10 berikut caranya.

new
Oracle VM Virtualbox Manager

1. Di menu Oracle VM Virtualbox Manager kamu kelik saja New.

buat nama sistem operasi
Buat nama sistem operasi di virtualbox

2. Selanjutnya di menu create virtual machine dibawah bagian “Name and operating system” kamu isi nama sistem operasi yang kamu gunakan contohnya Kali linux, untuk folder machine folder biarkan saja default dan type dan version akan disini secara otomatis lalu kelik next.

settings memory size
Create Virtual Machine Memory Size

3. Masih di menu Create virtual machine disini kita diminta untuk menentukan jumlah memory size atau jumlah ram yang ingin kita pakai di virtualbox, karena ram pc atau laptop win 10 saya 8 Gb saya buat saja 2000MB atau setara dengan 2GB kalau sudah kelik next.

create
Create a Virtual Hard Disk Now

4. Selanjutnya di bagian hardisk, kamu pilih create a virtual hard disk now lalu kelik Create.

hard disk file type
Hard Disk FIle Type,

5. Untuk bagian Hard disk file type kamu pilih VDI (Virtual box Disk Image) lalu kelik next.

storate on physical hard disk
Storage on physical hard disk

6. Kemudian di bagian Storage on physical hard disk biarkan saja default lalu kelik next.

file location and size
File Location And Size

7. Di bagian ini, file location and size kamu tentukan penyimpanan yang ingin kamu gunakan pada virtualbox, karena penyimpanan komputer saya lumayan besar yaitu 120GB saya akan menggunakan 58Gb penyimpanan untuk partisi virtualbox, nantinya penyimpanan ini untuk menyimpan file dan sistem operasi kali linux saya lalu pilih create.

Setelah selesai settings virtualbox, sebelum kita menjalankan dual boot di virtualbox dan mulai menggunakan sistem operasi kali linux di virtualbox, kamu siapkan file iso sistem operasi yang kamu gunakan, kamu bisa download file iso windows 7, kali linux, ubuntu atau sistem operasi yang ingin kamu install di virtualbox.

settings tools
Settings Tools

8. Kalau tools sudah selesai, selanjutnya kelik settings.

masukan iso
Masukan ISO

9. Terakhir dibagian storage kamu tinggal kelik dibagian optical drive dan kelik icon cakram cd warna biru, nantinya akan muncul 2 fitur, dibagian tsb pilih choose/ create a virtual optical disk dan kamu tinggal masukan file iso sistem operasi linux kamu.

kali linux
Berhasil Install kali Linux Di Virtual Box

10. Dan Terakhir saya sudah berhasil meginstall kali linux di virtualbox win 10.

Tambahan

sistem operasi
Storage Sistem Operasi Kali Linux

Untuk bagian storage kamu bisa menyimpan dan memasukan file sistem operasi dibagian Controller Sata, kamu bisa lihat sistem operasi kali linux milik saya di bagian Storage.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami berikan, semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu serta menambah wawasan kamu seputar virtualbox sekian dan terimakasih semoga artikel ini bermanfaat, apabila kamu mengalami kendala sewaktu menggunakan virtualbox kamu dapat berdiskusi bersama kami di dalam kolom komentar.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar