Cara Eject Flashdisk Di Laptop & PC

Arif Wibowo

Cara Eject Flashdisk Di Laptop & PC
Cara Eject Flashdisk Di Laptop & PC

Bagaimana cara eject flashdisk di laptop dan pc? Kalau kalian memiliki kebiasaan mencopot flashdisk secara langsung dari port usb laptop atau pc, sebaiknya jangan pernah melakukan hal tersebut lagi. Karena dapat merusak flashdisk mu.

Kebiasaan melepas flashdisk langsung dari port usb, tanpa melakukan eject flashdisk mampu membuat flashdisk yang kita pakai jadi cepat rusak, maka dari itu kita harus eject flashdisk terlebih dahulu. Namun sebelum kalian membaca tutorial ini sampai habis sebaiknya baca terlebih dahulu fungsi eject flashdisk dan manfaatnya.

Apa Fungsi Eject Flashdisk?

Fungsi utama dari proses “Eject” atau “Safely Remove Hardware” pada flashdisk adalah untuk memastikan bahwa semua data yang ada di dalam flashdisk sudah selesai ditulis atau disimpan dan semua program atau proses yang terkait dengan flashdisk telah berhenti sebelum flashdisk dilepas dari komputer atau laptop.

Dengan cara ini, proses “Eject” akan membuka akses pada flashdisk, memastikan tidak ada lagi data yang sedang ditulis atau disimpan ke dalamnya, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Selain itu, proses “Eject” juga dapat mematikan daya pada port USB, yang berarti flashdisk dapat dilepas secara aman tanpa mengganggu sistem operasi atau perangkat lain yang terhubung ke port USB.

Apa Manfaat Eject Flashdisk Untuk Komputer?

Manfaat proses “Eject” pada flashdisk untuk komputer adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah kerusakan data: Ketika flashdisk dicabut tanpa proses “Eject” terlebih dahulu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan data yang disimpan di dalamnya. Dengan melakukan proses “Eject”, Anda memastikan bahwa data sudah ditulis dengan benar dan tidak sedang dalam proses penulisan sebelum flashdisk dilepas dari komputer, sehingga mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan data.
  2. Memperpanjang umur flashdisk: Koneksi yang terputus secara tidak sengaja saat flashdisk masih aktif dapat merusak hardware di dalamnya. Proses “Eject” membantu mematikan koneksi antara flashdisk dan komputer dengan aman, sehingga memperpanjang umur flashdisk Anda.
  3. Mengoptimalkan performa: Flashdisk yang terus-menerus dihubungkan dan dicabut dari komputer tanpa proses “Eject” dapat menyebabkan gangguan pada performa komputer. Dengan melakukan proses “Eject” sebelum mencabut flashdisk, Anda membantu mengoptimalkan performa komputer.

Jadi, proses “Eject” pada flashdisk sangat penting untuk menjaga keamanan data dan memperpanjang umur flashdisk Anda, serta membantu menjaga performa komputer Anda tetap optimal.

Cara Eject Flashdisk Di Laptop & PC Windows 10

Langkah-langkah cara eject flashdisk di windows 10, kamu bisa mempratekannya di laptop dan pc.

file
File explorer

1. Langkah pertama klik menu type here to search lalu buka file explorer.

klik this pc
This pc

2. Kedua kamu akan berada di menu my computers, klik this pc nantinya kamu akan melihat partisi flashdisk mu, disini partisi flashdisk saya New Volume E:

eject
Klik partisi flashdisk

3. Terakhir klik kanan mouse pada partisi flashdisk kemudian di menu lanjutan pilih eject dan nantinya flashdisk sudah hilang dari daftar partisi, dan terakhir kamu tinggal cabut saja flashdisk mu dari laptop dan pc.

Nah mudah kan cara eject flashdisk di laptop dan pc? sekian dan terimakasih selamat mencoba

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar