4+ Cara Bikin Nomor Otomatis Di Excel Lewat Laptop & PC

Zakiah Mardiah N

4+ Cara Bikin Nomor Otomatis Di Excel Lewat Laptop & PC
Cara Bikin Nomor Otomatis Di Excel

Di dunia pekerjaan atau bisnis melakukan pengelolahaan data umumnya pasti kita akan menggunakan program microsoft excel, jika saat ini kalian sedang cari cara bikin nomor otomatis di excel kamu sudah berada di artikel yang tepat sekali.

Mempelajari excel itu tidak hanya seputar rumus-rumus di excel saja. Kita juga dapat mempelajari hal-hal penting lainnya salah satunya jika kamu berniat ingin membuat nomor otomatis di microsoft excel.

Nomor otomatis di excel sangat berguna sewaktu kita ingin membuat sebuah daftar tabel atau tabel dengan nomor yang saling berurutan. Biasanya nomor urut itu pasti akan terdiri dari 1-100 bukan?

Sudah pasti dong, yang namanya nomor berurutan pasti terdiri dari angka 1-100, bagi kalian yang mau belajar cara membuat nomor otomatis di microsoft excel kamu bisa membaca artikel yang akan kami buat ini sampai selesai.

Cara Bikin Nomor Otomatis Di Excel 2013

nomor urut di

Membuat nomor otomatis di microsoft excel itu ada banyak sekali caranya. Bisa menggunakan Fungsi ROW, COUNTIF, Angka Kustom DLL. Nah di artikel ini kami akan mengupas tuntas semua cara nya.

1. Memakai Fungsi ROW

Jika kalian sudah sering memakai microsoft excel dan orang yang mahir mengoprasikan excel pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Fungsi ROW ini, Fungsi Row suatu fungsi bawaan yang ada pada program ms excel yang dimana dapat kita pakai untuk membuat nomor secara otomatis.

Fungsi ini juga dapat mengembalikan nomor baris melalui cell atau melalui rentang cell. selain itu kamu juga dapat menggabungkan fungsi ROW dengan fungsi IF agar bisa menjawab pertanyaan pengguna dengan kondisi tertentu.

Contohnya jika kalian mau membuat nomor otomatis di excel mulai dari angka 1-10 dengan memakai fungsi ROW:

contoh kolom kosong

1. Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat nomor urut di excel dengan memanfaatkan fungsi row kamu buka program microsoft excel dan buat kolom kosong seperti gambar saya diatas. Kemudian klik kolom yang ingin kita nomori misalnya disini saya akan membuat nomor di kolom cell 2 jadi saya tinggal klik saja.

rumus row

2. Kedua kita masukan dan ketikan rumus =ROW() pada sel pertama atau kedua yang ada pada microsoft excel. Jika sudah kalian bisa salin beberapa rumus-rumus yang akan kami berikan dibawah ini agar dapat mempermudah kamu dalam membuat nomor urut di cell excel mu.

rumus mod row

3. Jika kalian mau menjawab beberapa pertanyaan dari pengguna kamu bisa memasukan rumus ” =IF(MOD(ROW(),2)=0,”Ya”,”Tidak”)” pada kolom yang ada.

2. Cara Membuat Angka Otomatis Di Excel Dengan Memakai Fungsi COUNTIF

Fungsi lainnya ada yang namanya fungsi COUNTIF fungsi ini hampir mirip dengan fungsi ROW dan sama bergunanya dengan fungsi-fungsi lainnya. Dengan COUNTIF kita bisa menghitung beberapa kali suatu keriteria pada hal tertentu yang akan muncul di dalam rentang sel.

Selain itu kamu juga dapat membuat nomor otomatis yang dapat kita gunakan untuk menjawab pertanyaan pengguna:

Contoh sewaktu kamu ingin membuat nomor otomatis dari angka 1-10 sesuai keriteria yang kalian inginkan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Pertama kalian buat kolom kosong yang ada di sebalah kolom daya yang mau kita nomorin.
  2. Kedua ketikan rumus =COUNTIF($A$1:A1,A1) pada sel pertama yang ada pada kolom kosong yaitu nomor 1
  3. Lalu kalian bisa salin semua rumus ke sel-sel yang ada di bawah, jika kalian bingung dan tidak paham kamu bisa lihat gambar yang sudah kami berikan dibawah ini.
rumus excel nomor otomatis

Dengan kalian memasukan rumus COUNTIF kamu bisa buat angka otomatis di excel, sangat mudah dan cepat bukan?

3. Cara Membuat Nomor 1-100 Di Excel Memakai Angka KUSTOM (Keyboard)

Di excel tidak semua apa-apa dilakukan dengan rumus, cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan keyboard kita sendiri. Dengan menekan keyboard 1-100 dan membuat nomor urut dari angka 1-100 secara manual juga dapat dilakukan dengan mudah berikut caranya.

1. Klik kolom A1 pada microsoft Excel mu.

nomor urut 1 10

2. Kemudian jika kalian sudah mengetikan nomor pada kolom A1-A10 kalian bisa ketikan angka secara manual menggunakan keyboard dengan menekan tombol angka 1-10 pada keyboard yang kita miliki.

Walaupun cara ini adalah cara yang paling mudah, untuk seorang pemula seperti kamu kayaknya ini sangat cocok kalian gunakan dari pada memakai rumus angka di excel.

Tambahan:

Jika kalian masih ingin belajar membuat rumus otomatis, berikut link belajar untuk membuat nomor otomatis di excel sebagai bahan belajar mu:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Ug3BKcYR6fiXmmqBtdrCssHnchGQ05yW/edit#gid=1688770600

Rumus Angka Di EXCEL

Tidak hanya itu, agar kalian dapat terbantu sewaktu ingin buat nomor otomatis di excel, berikut beberapa rumus angka di excel yang dapat kalian gunakan untuk membuat sebuah nomor otomatis yang ada pada program excel.

  • Jumlah: Dengan menggunakan rumus SUM, Anda bisa menambahkan beberapa sel atau rentang sel. Contoh: =SUM(A1:A5) akan menambahkan sel A1 hingga A5.
  • Pengurangan: Dengan menggunakan rumus SUBTRAK, Anda dapat mengurangi angka dalam sel. Contoh: =A1-B1 akan mengurangi nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1.
  • Perkalian: Dengan menggunakan rumus perkalian, Anda bisa mengalikan angka dalam sel dengan menggunakan rumus perkalian. Contoh: =A1*B1 akan mengalikan nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1.
  • Pembagian : Menggunakan rumus DIVIDE Dengan menggunakan rumus DIVIDE kamu juga bisa membagi angka dalam sel. Contoh: =A1/B1 akan membagi nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1.
  • Pangkat: Gunakan rumus pangkat, yang juga dapat menghitung pangkat suatu bilangan. Contoh: =POWER(A1, 2) akan menaikkan nilai di sel A1 menjadi 2.
  • Akar Kuadrat: Dengan menggunakan rumus SQRT, Anda dapat menghitung akar kuadrat suatu angka dalam sel. Contoh: =SQRT(A1) akan menghitung akar kuadrat dari nilai di sel A1.
  • Rata-rata: Dengan menggunakan rumus AVERAGE, Anda dapat menghitung rata-rata beberapa sel atau rentang sel. Contoh: =AVERAGE(A1:A5) akan menghitung rata-rata sel A1 sampai A5.
  • Nilai Maksimum dan Minimum: Dengan menggunakan rumus MAX dan MIN, Anda dapat menemukan nilai maksimum dan minimum dalam beberapa sel atau rentang sel. Contoh: =MAX(A1:A5) akan mengembalikan nilai maksimum di sel A1 hingga A5.
  • Fungsi IF: Dengan menggunakan rumus IF, Anda dapat membuat pernyataan kondisional untuk melakukan perhitungan berdasarkan kondisi. Contoh: =IF(A1>10, “Greater than”, “Less than or equal to 10”) akan menghasilkan hasil berdasarkan apakah nilai di sel A1 lebih besar dari 10.
  • Persentase: Dengan menggunakan rumus PERCENT, Anda dapat menghitung persentase suatu nilai. Contoh: =A1*10% akan menghitung 10% dari nilai di sel A1.
  • Median: Dengan menggunakan rumus MEDIAN, Anda dapat menghitung nilai median dari beberapa sel atau rentang sel. Contoh: =MEDIAN(A1:A5) akan menghitung nilai tengah sel A1 hingga A5.
  • Modul (sisa): Dengan menggunakan rumus MOD, sisa pembagian dapat dihitung. Contoh: =MOD(A1, B1) menghitung sisa nilai di sel A1 dibagi dengan nilai di sel B1.

Masih belum paham dan tidak ngerti? Sebagai untuk mempermudah nya, kami juga sudah menyertakan video nya, jadi kamu bisa belajar buat nomor otomatis di excel melalui video.

Sumber video: Ignasius Ryan

Itu dia berbagai macam cara bikin nomor otomatis di excel, bagaimana mudah dan sangat membantu bukan? Sekian dan terimakasih semoga artikel yang udah kami buat ini dapat membantu kamu.

Related Post

Tinggalkan komentar