Apa Itu Performance Management System dan Rekomendasi Softwarenya

Arif Wibowo

Apa Itu Performance Management System dan Rekomendasi Softwarenya
Apa Itu Performance Management System dan Rekomendasi Softwarenya

Performance review dilakukan dalam rangka mengembangkan diri dan memotivasi karyawan untuk dapat bekerja lebih baik lagi. Di dalam praktiknya, tidak jarang perusahaan juga akan memberikan peringkat kepada karyawan, hal ini yang dikenal dengan performance review calibration.

Di dalam performance review calibration, pihak manajer akan mendiskusikan peringkat karyawan yang diusulkan kepada manajer lainnya. Dengan begini maka akan ada kesamaan sistem penilaian.

Biasanya, untuk memudahkan proses penilaian kinerja karyawan ini, perusahaan akan menggunakan performance management system.

Untuk mengetahuinya lebih jauh, mari simak artikel berikut ini!

Pengertian Performance Management System

Performance management system adalah suatu pendekatan atau proses yang digunakan oleh organisasi untuk memastikan bahwa tujuan kinerja individu dan kelompok tercapai dengan efektif. Sistem ini mencakup berbagai kegiatan yang terkait dengan perencanaan, pengukuran, penilaian, dan pengembangan kinerja karyawan.

Performance management system bertujuan untuk menghubungkan tujuan organisasi dengan tujuan individu, mengidentifikasi dan mengukur kinerja yang diharapkan, memberikan feedback terkait kinerja, serta memberikan peluang pengembangan dan perbaikan kinerja.

Komponen Utama Performance Management System

Terdapat beberapa komponen utama dalam sebuah performance management system, yaitu sebagai berikut:

  1. Perencanaan kinerja: Menetapkan tujuan dan harapan yang jelas untuk karyawan, serta menyusun rencana kerja yang terkait dengan tujuan tersebut.
  2. Pengukuran kinerja: Mengumpulkan data dan informasi terkait dengan kinerja karyawan, baik berdasarkan hasil kerja maupun kompetensi yang relevan.
  3. Penilaian kinerja: Mengevaluasi kinerja karyawan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, seperti pencapaian tujuan, kompetensi, perilaku, atau standar kualitas.
  4. Feedback: Memberikan informasi kepada karyawan mengenai kinerja mereka, baik yang positif maupun yang perlu diperbaiki, serta membantu mereka dalam pengembangan diri.
  5. Pengembangan kinerja: Memberikan peluang dan dukungan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui pelatihan, pengembangan keterampilan, atau pengalaman kerja.

Performance management system dapat membantu organisasi dalam mengelola kinerja karyawan secara efektif, memfasilitasi komunikasi yang jelas dan terbuka antara atasan dan bawahan, serta meningkatkan kinerja secara keseluruhan dengan fokus pada pencapaian tujuan organisasi.

Rekomendasi Performance Management System

Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan sistem manajemen kinerja. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi software performance system yang populer:

  1. BambooHR

BambooHR adalah platform HR yang mencakup modul manajemen kinerja yang kuat. Software ini menyediakan alat untuk perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, umpan balik, dan evaluasi karyawan. BambooHR juga memungkinkan pelacakan tujuan, kompetensi, dan pengembangan karyawan.

  1. 15Five

15Five adalah platform manajemen kinerja yang fokus pada umpan balik dan pengukuran kinerja secara teratur. Software ini menyediakan fitur-fitur seperti penjadwalan check-in mingguan, umpan balik 360 derajat, pelacakan tujuan, dan analisis data kinerja.

  1. Workday

Workday adalah perangkat lunak manajemen SDM yang meliputi modul manajemen kinerja. Platform ini menawarkan fitur-fitur seperti perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, umpan balik, dan evaluasi karyawan. Workday juga menyediakan alat analitik untuk melacak kinerja organisasi secara keseluruhan.

  1. SuccessFactors

SuccessFactors adalah platform manajemen SDM yang mencakup modul manajemen kinerja. Software ini menyediakan fitur-fitur seperti perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, penilaian, dan pengembangan karyawan. SuccessFactors juga memiliki alat analitik yang kuat untuk menganalisis kinerja organisasi.

  1. Trakstar

Trakstar adalah software manajemen kinerja yang mencakup fitur-fitur seperti perencanaan kinerja, umpan balik real-time, pelacakan tujuan, dan evaluasi karyawan. Platform ini juga menawarkan alat analitik yang membantu dalam pemantauan kinerja individu dan tim.

  1. LinovHR

Terakhir, ada performance management system dari Indonesia yaitu LinovHR. Software performance yang dikembangkan oleh LinovHR ini memiliki banyak sekali fitur yang membantu perusahaan untuk melakukan penilaian kinerja karyawan dengan proses yang lebih mudah.

Anda dapat mengukur KPI dan Goals, memberikan feedback, serta memantau kinerja karyawan secara real-time. Software ini juga sudah berbasis cloud.

Itu dia penjelasan mendalam mengenai performance management system, semoga artikel ini membantu menambah pemahaman Anda.

Arif Wibowo

Arif Wibowo

Hai nama saya arif wibowo, saya adalah seorang blogger yang gemar mempelajari ilmu teknologi, mahir membuat sebuah konten tutorial, tekno, android dan seputar game. Saya sudah menjadi penulis dari tahun 2016 dan memulai membuat konten untuk membantu seluruh pengguna di internet.

Related Post

Tinggalkan komentar